• SMA YADIKA 8 JATIMULYA
  • Unggul dan di percaya dalam setiap hal

Makna Bulan Ramadan Bagi Umat Islam

1. Bulan yang penuh dengan kesabaran

Makna bulan Ramadan bagi umat Islam yang pertama adalah Sebagai bulan di mana umat muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Selama berpuasa umat islam diwajibkan untuk menahan segala hawa nafsu, berperilaku sabar, dan tahan akan adanya ujian.

Rasulullah SAW bersabda, “Puasa (Ramadan) merupakan perisai dan benteng yang kokoh dari siksa api neraka.” (HR. Ahmad dan al-Baihaqi).

Selain itu, berpuasa di bulan Ramadan adalah salah satu rukun Islam. Karena itulah makna bula Ramadan bagi umat islam sangatlah besar. Ramadan penuh dengan berbagai macam kebaikan serta keberkahan.

Kamu diwajibkan untuk menahan diri dari segala emosi ketika berpuasa, selain tentunya menahan haus dan lapar. Segala emosi, seprti nafsu, amarah dan emosi yang berlebihan lainnya dapat merusak pahala puasa.

Oleh karena itu kamu sebaiknya memperbanyak ibadah dan tadarusan ketika berpuasa. Selain itu, kamu juga diwajibkan untuk tidak bergosip pada bulan Ramadan.

Kamu harus menjaga mulutmu untuk tidak mengatakan tentang orang lain serta mengatakan hal-hal yang jorok atau tidak seharusnya kamu katakan. Hal ini menjadi bukti bahwa makna bulan Ramadan bagi umat islam menjadi sangat besar.

2. Bulan Turunnya Alquran

Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadan, tepatnya pada tanggal 17 Ramadan. Alquran merupakan petunjuk dan pedoman hidup yang harus diimani oleh setiap muslim.

Malam pertama kalinya diturunkan Alquran kepada Nabi Muhammad SAW disebut juga dengan Nuzulul Qur’an. Jadi makna bulan Ramadan bagi umat islam menjadi bertambah penting dengan diturunkannya Alquran sebagai kitab pedoman kehidupan umat di bulan Ramadan ini.

3. Malam Lailatul Qadar

Pada bulan Ramadan terdapat suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Itulah malam Lailatul Qadar (QS. 97: 1). Malam Lailatul Qadar ini tentunya menjadi suatu malam yang paling diinginkan oleh semua umat muslim.

Tentunya untuk mendapatkan malam seribu bulan ini, kamu harus melaksanakan ibadah dan amalan yang shaleh, seperti berpuasa, tilawah, tadarus Alquran, berdoa, berdzikir, muhasabah diri dan amal ma’ruf lainnya untuk diri sendiri maupun orang lain.

Hanya orang orang yang beramal shaleh lah yang bisa mendapatkan malam ini. Karena itu, makna bulan ramadan bagi umat islam salah satunya adalah adanya malam lailatul qadar yang merupakan malam yang sangat spesial.

4. Bulan yang penuh dengan kedermawanan

Pada bulan Ramadan ini, Nabi Muhammad SAW memberi keteladan terbaik dengan banyak bersedekah dan menjadi orang yang paling dermawan pada bulan suci ini. Hal ini membuat kamu mendpaatkan bahwa makna bulan ramadan bagi umat Islam selanjutnya adalah untuk banyak bersedakah dan memberi kepada orang yang tidak mampu serta mengurangi beban fakir dan miskin. 

Umat islam dianjurkan untuk bersedakah serta di akhir puasa yaitu sebelum hari raya Idul Fitri diwajibkan untuk menunaikan zakat fitrah bagi orang yang mampu.

5. Bulan pengampunan dosa

Makna Ramadan bagi umat Islam selanjutnya adalah sebagai bulan pengampunan dosa. Rasulullah SAW pun bersabda,

Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena keimanan dan hanya mengharap pahala, dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. al-Bukhari).

Dengan hadis tersebut maka telah jelaslah untuk kita smeua bahwa bulan Ramadan ini memang penuh dengan pengampunan. Allah SWT menjanjikan pengampunan segala dosa dan kebebasan dari siksa api neraka terhadap orang orang yang berpuasa karena keimanannya dan semata mata untuk mengharap ridha-Nya.

Apalagi ketika bulan Ramadan pintu pintu surga dibuka, pintu pintu neraka ditutup dan setan setan dibelenggu. Sebagaimanan Nabi Muhammad SAW bersabda,

Jika datang bulan Ramadan pintu-pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR. al-Bukhari dan Muslim). Membuat makna bulan Ramadan bagi umat Islam semakin besar.

Bahkan Allah SWT menyediakan pintu khusus di surga untuk umat Islam yang berpuasa Ramadan, yang bernama Ar-Rayyan. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda,

Pintu ar-Rayyan hanya diperuntukan bagi orang-orang berpuasa, bukan untuk selain mereka. Bila pintu tersebut sudah dimasuki oleh seluruh rombongan ahli puasa Ramadan, maka taka ada lagi yang boleh masuk ke dalamnya.” (HR. al-Bukhari, Muslim dan Ahmad).

Jadi dengan mengetahui berbagai makna bulan Ramadan bagi umat Islam ini, kamu dapat memperbanyak amalan dan semakin bertakwa dalam menjalani ibadah puasa Ramadan yang akan menjadikanmu pribadi yang lebih baik untuk selanjutnya.

 

 

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMA YADIKA 8 bekerja sma dengan JakCloth dengan Tema "Merintis Bisnis Clothing sejak muda"

Kesuksesan tidak muncul tiba-tiba karena kesuksesan itu perlu perjuangan , proses dan waktu. Hanya orang-orang yang sabar dan mau bekerja keras yang akan mendapatkan kesuksesan.SMA Yadi

15/08/2022 13:07 - Oleh Rahmat - Dilihat 26 kali
PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA/I KELAS XII SMA YADIKA 8 JATIMULYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Kepala SMA Yadika 8               Memperhatikan dan Menimbang : 1.   Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA Yad

05/05/2022 08:09 - Oleh Rahmat - Dilihat 817 kali
SELAMAT HARI KARTINI "SEMANGAT KARTINI DI ERA MILENIAL"

"Kartini Milenial adalah Perempuan-perempuan kretif yang mampu menebarkan aura positif dan mampu menumbuhkan senyum bagi orang-orang di sekitarnya" Membicarakan tentang per

21/04/2022 08:37 - Oleh Rahmat - Dilihat 299 kali
NAMA NAMA SISWA YANG DITERIMA JALUR SNMPTN DI PTN  TAHUN PELAJARAN 2021-2022

NAMA NAMA SISWA YANG DITERIMA DI PTN  TAHUN PELAJARAN 2021-2022           NO NAMA SISWA KELAS NAMA UNIVERSITAS JURUSAN 1

30/03/2022 10:55 - Oleh Rahmat - Dilihat 640 kali
SMA YADIKA 8 JATIMULYA SERBA BISA LOHHH, BURUAN DAFTAR ADIK ADIK SMP KELAS IX

I Hope all of you are healthy and always Happy Beberapa waktu yg lalu , kami sudah share ke adik2 smua Alumni SMA YADIKA 8 yang diterima di PTN & Sekolah kedinasan. Tentunya kalian

04/03/2022 13:48 - Oleh Rahmat - Dilihat 576 kali
SELAMAT ULANG TAHUN KE 46 YADIKA DAN PAMOR KE 46 BERTUMBUH DAN BERKARYA

Yayasan Abdi Karya (Yadika) didirikan oleh dua orang tokoh masyarakat yakni Dr. Sutan Raja D.L. Sitorus dan Ny. L. Siagian, BSc, pada tanggal 14 Februari 1976. adapun maksud dan tujuan

16/02/2022 12:22 - Oleh Rahmat - Dilihat 494 kali
SMA YADIKA 8 JATIMULYA SALAH SATU SEKOLAH SWASTA TERFAVORIT DI BEKASI !!!!

SMA YADIKA 8 JATIMULYA banyak berprestasi di bidang AKedemik dan Non Akedemik mulai tingkat kabupaten sampai Nasional, Alumni-alumni SMA YADIKA 8 JATIMULYA banyak yang di terima di Perg

16/02/2022 11:18 - Oleh Rahmat - Dilihat 602 kali
Edu Fair 2021 Virtual SMA YADIKA 8 BERSAMA LP2K

Edu Fair 2021 Virtual SMA YADIKA 8 BERSAMA LP2K SETIAP TAHUN SMA YADIKA 8 JATIMULYA BEKERJA SAMA DENGAN LP2K (LAYANAN PSIKOLOGIPENJURUSAN DAN KARIR) Virtual Edufair adalah acara

07/02/2022 11:12 - Oleh Rahmat - Dilihat 451 kali
Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA YADIKA 8 JATIMULYA

Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) adalah kelompok remaja yang melakukan serangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu hasil yang disebut karya ilmiah.   Kegiatan ilmiah berupa penulisa

07/02/2022 08:25 - Oleh Rahmat - Dilihat 456 kali
Buruan Daftar Yuk !!! di salah satu SMA terfavorit Bekasi "SMA YADIKA 8 JATIMULYA "

SMA YADIKA 8 JATIMULYA merupakan Sekolah Nasional, telah lama berdiri dan berkecimpung di dunia pendididkan Indonesia sejak tahun 2003 di bawah naungan Yayasan  Abdi Karya yang mem

20/01/2022 14:17 - Oleh Rahmat - Dilihat 712 kali